Gereja Theresia

Sapaan Romo Paroki – Juni 2016

Kasih dan Pengampunan:
Tanda Iman yang membaharui Hati

Damai  Kristus.

romohaniMemasuki bulan Juni, kita memasuki masa biasa. Bulan Juni dalam tradisi Gereja didedikasikan untuk meng- hormati Hati Kudus Yesus. Kita ingin belajar semakin memiliki hati seperti Hati Kudus Yesus yang berbelas kasih. Ada banyak cara untuk menggemakan devosi kepada Hati Kudus. Hal yang paling umum dibuat adalah mengikuti misa Jumat Pertama, Visitasi dan Adorasi Sakramen Mahakudus, atau Novena Hati Kudus, dll.

Bulan Juni ini pula bagi dunia pendidikan dan persekolah merupakan saat di mana anak-anak menempuh ulangan kenaikan kelas. Kita berharap bahwa evaluasi semacam itu tetap menegaskan sikap dasar yang harus dibangun dalam dunia pendidikan kita yaitu KEJUJURAN. Di tengah maraknya berita tentang korupsi, kiranya semangat anti korupsi harus ditanamkan mulai dari hal kecil sejak usia dini bagi anak-anak di sekolah yaitu gerakan ANTI NYONTEK.

Sesudah ujian akhir atau ulangan umum kenaikan kelas, anak-anak akan menikmati masa liburan. Liburan kenaikan seyogyanya diisi dengan kegiatan yang mengembangkan dimensi lain yang selama ini kurang mendapat tempat di sekolah. Semoga dimensi sosial, afektif, religius, seni dan budaya. Semoga orang tua bisa mendampingi anak-anak dalam masa liburan dan tidak hanya menghabiskan waktu dengan kegiatan rekreatif semata, soliter, game, atau bahkan malas-malasan atau kegiatan yang kurang positif.

Mungkin orang tua bisa mendorong anak mengalami exposure untuk mengembangkan kepekaan sosial dan kepeduliaan kepada sesama yang menderita, miskin, berkekurangan. Misalnya ke panti asuhan, panti jompo, anak jalanan, desa / kampung pinggiran. Tidak salah juga dicoba memberi pengalaman anak-anak semakin dekat dengan alam dan mengembangkan kepeduliaan ekologis, seperti camping, berkebun, tanam pohon,  hiking, tracking, tour sepeda, dll.

Alangkah baiknya kita juga semakin mengenal negeri kita tercinta. Tidak kurang obyek destinasi wisata yang menarik dan tak kalah dari negara lain. Begitu banyak hal indah tersebar di seluruh Nusantara. Kenali dan cintai negerimu: Indonesia.

Dalam bulan Hati Kudus ini, kita semua diundang untuk semakin memiliki hati dan kepeduliaan kepada sesama. Bapa Suci Fransiskus mengingatkan kita semua: tanda nyata kalau iman kita sudah membawa pembaharuan hati yakni kasih dan pengampunan. “Loving and forgiving are tangible and visible signs that faith has transformed our hearts.” (Paus Fransiskus – @Pontifex)

Kita mohon rahmat melalui devosi kepada Hati Kudus Yesus, agar kita boleh semakin mengalami dibaharui dan siap diutus menjadi Saksi Kabar Gembira Injil dan Rasul Kerahiman Allah.

Hati Kudus Yesus, jadikan hati kami semakin serupa dengan Hati-Mu. St. Theresia, doakanlah kami.

Salam dan Berkat Tuhan

A. Hani Rudi Hartoko, SJ – Pastor Paroki.

 

Comments

comments