Gereja Theresia

Sakramen Baptis

“Pembaptisan menjadikan kita anggota-anggota Tubuh Kristus. “Kita adalah sesama anggota” (Ef 4:25). Pembaptisan menggabungkan kita ke dalam Gereja. Dari dalam bejana pembaptisan dilahirkanlah umat Allah Perjanjian Baru yang unik, yang mengatasi semua batas alami dan manusiawi menyangkut negara, kebudayaan, bangsa, dan keturunan. “Dalam satu Roh kita semua, baik orang Yahudi, maupun orang Yunani, baik budak maupun orang merdeka telah dibaptis menjadi satu tubuh” (1 Kor 12:13).” ~ Katekismus Gereja Katolik – 1267

Merupakan tradisi gereja untuk merayakan Pembaptisan pada hari Minggu. Baptis adalah sakramen inisiasi pertama gereja dan memiliki simbolis yang paling banyak dengan gereja (nama, salib, pakaian putih, lilin, krisma, air, litani para kudus, sabda Allah, credo, dsb). Gereja menganjurkan kita untuk merayakan sakramen Baptis bersama komunitas kita ketimbang merayakannya secara pribadi. Karena itu kami mengadakan jadwal Baptis pada akhir minggu setelah Misa, atau selama salah satu Misa akhir minggu.

Untuk mendapatkan jadwal Baptis, dapat menghubungi Sekretariat Paroki St. Theresia di (021) 391 7708 atau email Sekretariat kami di sekretariat@gerejatheresia.org

Persyaratan Orangtua Baptis

Salah satu harus beragama Katolik — pria atau wanita. Tidak boleh lebih dari dua orangtua Baptis – satu pria, satu wanita.
Peserta Non-Katolik yang bergabung dalam perayaan baptis akan di catat sebagai saksi dalam akte baptis.
Jadwal Baptis:

Pembaptisan akan diadakan selama atau setelah misa jam 09:30. Pembaptisan tidak akan di laksanakan selama:

Masa Adven (2 Desember – 23 Desember)
Masa Puasa (17 Februari – 24 Maret)
Minggu Paskah, 31 Maret
Pantekosta, 19 Mei (Bukan saat Misa)
Jika ada permintaan khusus untuk penjadwalan dalam keadaan khusus, mohon menghubungi Paroki dan menyampaikan surat resmi.

Kelas Pembaptisan

Semua orangtua yang ingin membaptis anaknya dalam nama Yesus di haruskan menghadiri kelas persiapan sebelum Pembaptisan. Orangtua yang sudah pernah hadir dalam kelas Pembaptisan dalam kurun waktu 5 tahun sebelumnya tidak di haruskan untuk hadir, tapi di persilakan untuk bergabung.

Kelas persiapan Baptis diadakan pada hari Kamis kedua setiap bulan jam 19:00 – 20:30 kecuali ada pemberitahuan sebelumnya. Pendaftaran diharapkan dilakukan sebelumnya sehingga kami bisa melakukan persiapan. Untuk mendaftar, harap menghubungi kantor Paroki di (021) 391 7708 atau daftar secara online di sini.

Siapa yang perlu hadir?

Kami mengundang kedua orangtua untuk hadir di kelas, tapi hanya satu yang disyaratkan. Mohon jangan ragu-ragu untuk membawa anak anda juga. Para pastur dan pekerja gereja sangat gembira bisa bertemu dengan mereka!

Jadwal kelas Orangtua (2013-2014)

Mohon email ke sekretariat@gerejatheresia.org untuk jadwal terkini.

Comments

comments