Gereja Theresia

Sakramen Baptis

“Pembaptisan menjadikan kita anggota-anggota Tubuh Kristus. “Kita adalah sesama anggota” (Ef 4:25). Pembaptisan menggabungkan kita ke dalam Gereja. Dari dalam bejana pembaptisan dilahirkanlah umat Allah Perjanjian Baru yang unik, yang mengatasi semua batas alami dan manusiawi menyangkut negara, kebudayaan, bangsa, dan keturunan. “Dalam satu Roh kita semua, baik orang Yahudi, maupun orang Yunani, baik budak maupun orang merdeka telah dibaptis menjadi satu tubuh” (1 Kor 12:13).” ~ Katekismus Gereja Katolik – 1267

Merupakan tradisi gereja untuk merayakan Pembaptisan pada hari Minggu. Baptis adalah sakramen inisiasi pertama gereja dan memiliki simbolis yang paling banyak dengan gereja (nama, salib, pakaian putih, lilin, krisma, air, litani para kudus, sabda Allah, credo, dsb). Gereja menganjurkan kita untuk merayakan sakramen Baptis bersama komunitas kita ketimbang merayakannya secara pribadi. Karena itu kami mengadakan jadwal Baptis pada akhir minggu setelah Misa, atau selama salah satu Misa akhir minggu.

Untuk mendapatkan jadwal Baptis, dapat menghubungi Sekretariat Paroki St. Theresia di (021) 391 7708 atau email Sekretariat kami di sekretariat@gerejatheresia.org


“Para orang tua wajib untuk mengusahakan agar bayi-bayi dibaptis dalam minggu-minggu pertama; segera sesudah kelahiran anaknya. Bahkan juga sebelum itu, hendaknya menghadap pastor paroki untuk memintakan sakramen bagi anaknya serta dipersiapkan selayaknya untuk itu.” (Kitab Hukum Kanonik # 867).

Berhubung jumlah keluarga muda dan kelahiran bayi jumlahnya relatif sedikit, maka di Gereja Theresia baptisan bayi diadakan 2 bulan sekali yaitu Jumat IV / Terakhir dalam bulan Genap. Jadwal lengap bisa dilihat di Sekretariat.

Apa yang harus dilakukan dan dipersiapan?

  • Silahkan mendaftar dan mengambil Formulir Baptisan Bayi di Sekretariat Paroki
  • Yang dimaksud Bayi adalah anak umur: 0 – 3 th
  • Isilah formulir dan persyaratan administratif.
  • Mengikuti Pertemuan Persiapan Orang Tua dan Wali Baptis, Jumat III / IV, 1 minggu sebelum hari Pembaptisan.

Comments

comments